Visi
dan misi
PT
Microreksa Infonet memiliki visi untuk menjadi perusahaan terdepan dalam
penyedia produk, jasa dan solusi it di Indonesia “ Our Vision is to be the most leading company in
providing IT solution, products and services in Indonesia”.
Untuk mencapai visi
tersebut Microreksa menggunakan lima misi yang mencakup dari :
1. Bagi pelanggan
: untuk menyadiakan kualitas terbaik produk dan jasa
2. Bagi produk : untuk mempertahankan posisi kami
sebagai pemimpin pasar untuk semua produk yang kami wakilkan
3. Bagi
karyawan : menyediakan peluang karir bagi mereka.
4. Bagi
perusahaan : menegakkan nama baik perusahaan dengan menjadi anggota warga
perusahaan yang bertanggung jawab
5. Bagi
pemegang saham : untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang sebuah ekuitas
pemegang saham.
·
Stuktur
Organisasi
Struktur
di atas merupakan struktur organisasi PT Microreksa Infonet dan berikut
adalah struktur
untuk divisi yang berkerjasama di bidang promosi yaitu dengan divisi
Marketing Communication.
·
Logo
Perusahaan
Yang mempunyai arti
sebagai berikut :
1. Dua
garis yang membentuk lancip yang artinya maju bersama dengan satu tujuan.
2. Garis
vertikal yang di bawah artinya memiliki fondasi yang kuat.
3. Warna
hijau berarti berkembang.
·
Tugas dan Tanggung Jawab
a)
CEO (Chief Executive Officer) merupakan
jabatan tertinggi di perusahaan yang mempunyai tugas untuk memimpin suatu
perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan perusahaan, pengembangan dan
implementasi strategi perusahaan. Tugas lainnnya adalah pengambilan keputusan,
dan mengelola seluruh kegiatan, serta sumbersumber di perusahaan.
b)
General Manager System bertugas
menetapkan langkah-langkah pokok dalam kebijakan, sasaran-sasaran perusahaan,
dan semua kegiatan operasional yang berhubungan dengan System serta
kontinuitas kegiatan perusahaan. General Manager Networking bertugas
menetapkan langkah-langkah pokok dalam kebijakan, sasaransasaran perusahaan,
dan semua kegiatan operasional yang berhubungan dengan Networking, serta
kontinuitas kegiatan perusahaan.
c)
Product Specialist bertugas
mengelola satu atau lebih brand, bertanggung jawab atas performa brand,
menangani kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan brand, menyiapkan,
melaksanakan atau mengkoordinasi program-program promosi bagi brand, menjalin
hubungan dengan distributor maupun principal.
d)
Sales Manager betugas
merencanakan, mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan, memonitor
perolehan order, menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk
meningkatkan jumlah pelanggan dan layanan sesuai dengan target yang ditentukan.
e)
Sales Supervisor bertugas
mengkoordinir tim sales dalam meningkatkan tingkat penjualan, membantu
tim sales dan memberikan pelatihan dalam mencari, melayani dan memaintain
konsumen, membuat strategi-strategi penjualan, memonitoring aktivitas
tim sales, memonitoring penjualan dan pembayaran pelanggan dari
tim sales.
f)
Sales Executive bertugas
melakukan penjualan kepada calon-calon pelanggan, membuat penentuan harga
terhadap produk yang dibutuhkan pelanggan, melakukan komunikasi dan hubungan
baik dengan calon-calon pelanggan, dan melakukan identifikasi kebutuhan
pelanggan.
g)
Marketing Communication bertugas
menjaga dan meningkatkan kualitas komunikasi perusahaan kepada publik dan
pelanggan, memperkenalkan atau mempromosikan perusahaan (produk) kepada
masyarakat, menjaga citra perusahaan, menjadikan komunikasi perusahaan lebih
baik dan lebih efektif khususnya yang berkaitan langsung dengan marketing dan
promosi.
·
Prosedur yang berlaku
PT
Microreksa Infonet adalah salah satu perusahaan IT di Jakarta yang sudah
berdiri cukup lama. Sebagai sebuah perusahaan system integrator, PT Microreksa
Infonet menydiakan berbagai solusi untuk menjawab kebutuhan para pelanggannya
selain menjual produk dan jasa. Brand yang ditawarkan oleh PT Microreksa adalah
brand-brand yang sudah memiliki nama didalam industry IT. Posisi Marketing Communication (Marcom) sebagai ujung tombak
perusahaan dalam mempromosikan atau memeperkenalkan perusahaan maupun produknya
kepada masyarakat umumnya. Namun, PT Microreksa Infonet memiliki target pasar
tersendiri yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan para konsumen yang
dikelompokkan menjadi dua yaitu, individual (perorangan) dan SMB (Small dan Medium Business) yang
berupa end user (pengguna akhir)
dari produk, jasa, maupun solusi.
Untuk
konsumen individual atau perorangan, tersedia kategori produk yang dapat dibeli
untuk keperluan penggunaan sendiri dalam ukuran quantity kecil misalnya hanya membeli notebook, desktop, printer atau yang lainnya. Sedangkan SMB (Small dan Medium Business) adalah
perusahaan atau organisasi yang terdiri dari 100 (seratus) atau lebih sedikit
jumlah karyawannya dianggap kecil dan sementara untuk yang menengah jumlahnya
100 – 999 karyawan. Tentunya untuk ukuran SMB, penggunaan alat IT
yang diperlukan juga lebih besar dibanding dengan perorangan atau
individu yang hanya untuk konsumsi pribadi. Yang dilihat adalah manfaat produk
yang dicari, waktu penggunaan dan merek. PT Microreksa Infonet lebih
menitikberatkan target utamanya pada end
user SMB karena kebanyakan produk yang dijual bukan produk umum yang
dapat ditemukan di toko-toko, dan penggunaannya seperti produk networking kurang cocok dan kurang
diperlukan untuk keadaan atau kondisi konsumen yang berada dirumah yang hanya
digunakan untuk keperluan pribadi.
Berdasarkan
prosedur yang berlaku di bidang promosi pada pemasaran, dimulai dari database yang tersedia di PT
Microreksa Infonet yang dipercayakan kepada Divisi Marketing Communication digunakan sebagai data pendukung dalam
melakukan kegiatan promosi perusahaan guna mendapatkan peluang (opportunity)
bahkan sampai kepada proses akhir dari kegiatan promosi yaitu adanya permintaan
atau pembelian. Tugas Marketing Communication di PT Microreksa Infonet
adalah menangani kegiatan promosi perusahaan seperti menawarkan berbagai promo
produk, memperkenalkan company profile sehingga membuat para pelanggan
mengenal Microreksa yang selanjutnya memberikan respon positif dengan
memberikan balasan berupa email adanya kebutuhan-kebutuhan yang kiranya
dapat disediakan oleh PT Microreksa Infonet. Dari Sales Manager inilah
yang memberikan keputusan sales mana yang berhak untuk menangani opportunity
tersebut. Product Specialist bertugas untuk mendapatkan harga
terbaik, baik dari distributor maupun dari principal.
·
Produk-produk System
PT. Microreksa Infonet menyediakan beberapa produk
untuk system dimana produk-produk yang diproduksi merupakan brand yang
menjadi business partner perusahaan. Produk-produk tersebut yaitu Desktop,
Notebook, Printing, Servers, Storage, dan Thin Client.
·
Produk-produk Networking
Produk-produk tersebut diantaranya Application
Acceleration, Bandwidth Management, Network Management, Physical Infrastructure,
Routers, Security, Structured Cabling, Swithces, VOIP, dan WLAN.
·
Penghargaan
-
ECS Technology Best Partner 1995
-
3COM & HP Best Reseller 1997
-
Computel Top Sales Achievement 2000
-
HP Asia Pasific & HP Indonesia Distinguished Partner 2001
-
Cisco Premiere Certified 2002
-
Cisco System Tech Mastermind Asia Pacific Country Winner Indonesia 2004
-
IBM Value Partner Recognition Achievement Award 2004
-
HP Best Growth of Achievement 1HFY05 DOM MFT 2005
-
ECS Technology the Best Partner 2005
-
ECS Technology the Best Partner 2006